Bagian – Bagian Kamera

| January 5, 2012 | 0 Comments

Bagian – bagian kamera secara terperinci terdiri dari berbagai macam komponen. Dimana setiap jenis kamera terkadang memiliki bagian yang tidak dimiliki oleh kamera jenis lain.

Tapi bila dikelompokan secar umum dan sederhana, bagian kamera bisa dikelompokan menjadi 4 bagian yaitu;

>bodi kamera

>sistem lensa

>pematik potret

> pemutar film

Bagian - Bagian Kamera

Dimana setiap bagian – bagian kamera terdiri dari beberapa komponen yang membantu dalam cara kerja sebuah kamera. Biasanya komponen pelengkap kamera berbeda antara satu sama lain.

Secara sederhana bagian – bagian kamera mempunyai fungsi yang hampir sama dengan organ – organ yang terdapat dalam mata.

Yang membedakan cara kerja bagian – bagian kamera dengan mata adalah mata menggunakan daya akomodasi sedangkan kamera menggunakan pergesaran lensa untuk mengakap sebuah obyek atau bayangan.

Komponen lensa dalam mata bisa disamakan denagn bagian lensa dalam mata yang sama – sama berlensa cembung. Sedangkan cara kerja diafragma hampir sama dengan cara kerja iris pada mata.

Yakni untuk mengatur besar kecilnya lubang cahaya yang akan dilewati oleh cahaya. Dan bagian pupil pada mata mempunyai fungsi yang sama dengan apeture pada kamera yaitu menjadi tempat masuknya cahaya ke dalam kamera atau mata.

Sedangkan film pada kamera yang berfungsi untuk mencetak gambar yang ditangkap oleh kamera dibuat berdsarakan cara kerja retina pada mata.

Untuk jenisnya kamera tidak bia dikelompokan berdasarkan bagian sebuah kamera.

Umumnya kamera digolongkan berdsarkan mekanisme kerja, media perangkap cahaya, dan teknologi viewfinder.

Dimana masing – masing kamera menghasilkan kualitas gmabra yang berbeda(nn)

Category: GADGET

Leave a Reply