Berat Bola Basket

| January 31, 2012 | Comments

Berat Bola Basket – Jika sebuah olahraga atau permainan sudah masuk dalam dunia internasional, tentunya segala hal yang berkaitan dengan olahraga juga akan diatur secara resmi.

Begitu juga dengan olahraga bola basket. Segala hal yang berakitan dengan bola basket telah ditetapkan secara resmi, termasuk di dalamnya berat bola basket yang digunakan.

Bola yang akan digunakan dalam pertandingan resmi harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah berat bola basket harus mencapai 600 – 650 gram

Dengan keliling bola basket 75 – 78 cm. Dan bila bola dijatuhkan dari ketinggian 1,80 cm pada papan pantul maka pantulan bola basket harus mencapai ketinggian 1,20 – 140 cm.

Berat Bola Basket

Walaupun telah ditetapkan secara internasional, namun ternyata ada beberapa perbedaan tentang peraturan bola basket yang ditetapkan oleh FIBA, NBA dan NCAA.

Untuk ukuran dan berat bola basket yang disetujui oleh FIBA adalah bola dengan berat antara 567 – 650 gram dengan keliling bola mencapai 749 – 780 mm.

Sedangkan untuk ukuran dan berat bola basket yang digunakan dalam pertandingan NBA, memiliki berat 623, 7 gram dengan kelilling 749,3 mm – 755,65 mm yang di ukur dari garis bola.

Dan bila diukur dari permukaan bola, maka keliling bola basket harus mencapai 752,5 mm – 758,8 mm.

Sedangkan NCAA menetapkan ukuran bola basket yang digunakan dalam sebuah pertandingan harus mencapai berat antara 567 – 623,7 gram. Dengan keliling bola antara 749,3 – 762 mm.

Ternyata walaupun untuk urusan sesimpel bola basket, tetap ada beberapa perbedaan pendapat. Padahal tidak mungkin juga kita mengukur sendiri bola basket tersebut.

Tapi ukuran apa pun yang kita gunakan, yang terpenting bukanlah mendebatkan berat bola basket yang kita gunakan.

Tapi bagaimana kita bermain bola basket tanpa menimbulkan cidera dan mendapatkan manfaat maksimal sebagai hasil telah melakukan olahraga. (nn)

Tags: , ,

Category: BASKET