Berikan Pengertian Ketika Anak Tidak Bertanggung Jawab

| September 12, 2011 | 0 Comments

Berikan Pengertian Kepada Anak

Artikel sebelumnya membahas tentang Binatang Peliharaan Dapat Melatih Tanggung Jawab Anak.

Namun dalam prosesnya jika pada suatu saat anak mencapai titik jenuh dalam merawat hewan peliharaannya maka orang tua harus cerdas dalam menangani hal tersebut.

Berilah anak pengertian akan tanggung jawabnya;

1.    Jelaskan bahwa binatang tidak dapat berbicara dengan bahasa kepada manusia, namun binatang memiliki perasaan dan naluri. Kasihan kalau tidak diberi makan pasti lapar, jika tidak dimandikan dan kandangnya tidak dibersihkan pasti akan tidak nyaman. Beritahu anak kalau dia tidak makan pasti lapar, jadi hewan peliharaannya pun juga lapar dan perlu diberi makan.

2.    Beri pengertian bahwa orang tua mengasihi anak dengan sepenuh hati setiap hari, memberi makan, memandikan, menyediakan kebutuhan anak, dll. Ajari anak untuk berbagi kasih kepada setiap mahluk hidup.

3.    Temani anak melakukan untuk kegiatan merawat binatang dan berilah semangat setiap hari.

4.    Berikan pujian dan hadiah ketika anak berhasil melakukan tugas dan kewajibannya dalam memelihara.

5.    Orang tua memperhatikan binatang peliharaan dan menanyakan perkembangannya kepada anak .

Pengertian

Berikan Pengertian dengan kasih dan bukan menghakimi, hal ini terkadang berbeda tipis oleh karena itu dibutuhkan kebijaksanaan dari orang tua.

Yang paling terpenting adalah anak melihat orang tua sebagai orang yang penuh kasih dan bertanggung jawab maka secara otomatis hal ini akan menular dan dicontoh oleh anak.

Dengan berjalannya waktu tanpa disadari anak akan memiliki tanggung jawab yang luar biasa.

Hal ini terjadi bukan dalam waktu singkat melainkan dari hari ke hari maka orang tua berperan untuk mendampingi anak dengan setia.

Anak akan menjadi lebih baik dan bertanggung jawab saat diberi pengertian dengan penuh kasih dan orang tua sebagai contoh sehari hari.

 

Category: INFORMAL

Leave a Reply