Fakta Tentang Sungai Amazon Bagian 2

| September 1, 2012

Sungai Amazon

Terbentuk kurang lebih 5.000 tahun yang lalu, sungai Amazon menjadi sungai terkuat yang berada di dunia dengan jumlah aliran air yang lebih banyak dari aliran sungai manapun.

Sungai Amazon terbentuk akibat mencairnya sungai es yang berada di pedalaman mulai mencair dan membuat airnya mengalir hingga ke pantai.

 

Fakta Tentang Sungai Amazon Bagian 2

 

Banyaknya aliran air pada sungai Amazon membuat delta sungai Amazon menjadi delta terbesar yang ada di dunia.

Delta sungai Amazon yang menjadi jalan masuknya 3 juta ton sedimen yang masuk ke dalam samudera Atlantik setiap harinya.

Delta sungai Amazon memiliki lebar hingga mencapai 150 mil atau setara 240 km. Sedimen yang dibuang sungai Amazon ke laut mampu mewarnai lautan sejauh 186 mil dari tepi pantai.

Selain itu, hasil dari erosi sendimen sungai membuat tanah yang berada di dekat rawa dan pantai menjadi ekstra subur. Menjadikan tempat ini menjadi tempat tinggal dari berbagai aneka tumbuhan dan binatang.

Sungai Dalam Sungai

Fakta terbaru yang terungkap dari sungai Amazon adalah letak sungai bawah tanah yang terletak 3 km di bawah sungai Amazon.

Panjang dari sungai tersebut tidak berbeda dengan jauh sungai Amazon, yaitu sekitar 6.000 kilometer, selisih 800 kilometer dengan sungai Amazon (6.800 km).

Penelitian tentang sungai di bawah sungai Amazon ini dipimpin oleh Dr. Valiya Mannathal Hamza dari Observatorium Nasional, Brazil.

Penelitian yang dilakukannya saat ini merupakan penelitian tahap awal dan hasil dari penelitiannya ini kemungkinan baru bisa dinikmati pada tahun 2014. (nn)

Tags: , , ,

Category: Geografi

Comments are closed.