Fungsi Stomata Pada Tumbuhan

| February 13, 2013

Stomata

Fungsi Stomata Pada Tumbuhan – Indobeta

 

Stomata umumnya ditemukan pada daun tumbuhan, baik dikedua sisi daun atau hanya satu sisi daun.

Jika stomata hanya terdapat pada satu sisi daun, maka disebut sebagai epistomatic, sedangkan jika terdapat pada dua sisi daun maka disebut dengan amphistomatic.

Fungsi Stomata

Fungsi utama stomata pada struktur tumbuhan adalah sebagai tempat pertukaran gasĀ  atau sebagai alat pernapasan tumbuhan.

Pada saat melakukan fotosintesis, stomata memegang peranan sebagai tempat masuknya karbondioksida yang menjadi salah satu bahan yang diperlukan dalam proses fotosintesis.

Dan kemudian melepaskan oksigen sebagai hasil fotosintesis juga melalui celah atau mulut stomata.

Pada pagi hari saat kita melihat daun berembun, butiran air yang tersebut juga keluar melalui stomata.

 

Fungsi kedua stomata bagi tumbuhan adalah untuk menyelamatkan tumbuhan dari kehilangan air.

Fungsi ini berjalan dengan cara stomata melakukan pembukaan dan penutupan celah stomata.

Penutupan stomata terjadi saat malam hari, di mana tumbuhan tidak lagi melakukan proses fotosintesis, transpirasi atau respirasi.

Dan akan kembali terbuka saat matahari sudah terlihat, guna melanjutkan proses fotosintesis, transpiarasi dan respirasi pada tumbuhan.

Pembukaan dan penutupan mulut stomata juga dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tumbuhan. Jika tumbuhan hidup pada suhu lingkungan yang terlalu tinggi, maka stomata akan menutup guna menghentikan kehilangan air.

Penutupan stomata terkadang juga terjadi saat udara di sekitarnya terlalu lembab. Penutupan berfungsi untuk mencegah pembekuan jaringan tumbuhan yang disebabkan oleh cuaca yang terlalu dingin. (nn)

Tags: , , , , ,

Category: IPA

Comments are closed.