Bagian – Bagian Kompas

| September 23, 2012

Kompas

Umumnya kompas berbentuk bulat dengan jarum yang berfungsi menunjukan arah. Kompas merupakan alat yang menjadi alat penunjuk arah yang paling dikenal dan paling sering dikenal.

Arah mata angin yang ditunjukan pada kompas terbagi dalam 32 arah mata angin dengan garis pembagi derajat yang dimulai dari 0 derajat hingga 359 derajat.

Arah yang ditujukan oleh jarum kompas merupakan arah yang dikenal dengan sebutan arah medan magnetik, bukan arah kutub yang sebenarnya.

 

Bagian - Bagian Kompas

 

Bagian Dari Kompas

1. Jarum Kompas

Jarum yang terdapat dalam kompas terbuat dari magnet dan umumnya dilapisi dengan lapisan fosfor agar bisa terlihat pada malam hari.

Untuk menjaga agar jarum tidak berkarat, gunakan cairan bening (antistatic) untuk membersihkan jarum kompas.

2. Piringan Derajat

Yaitu bagian kompas yang berbentuk lingkaran yang dikenal dengan nama garis pembagi skala derajat. Cara membaca piringan derajat adalah membacanya searah dengan jarum jam.

3. Skala Piringan Derajat

Untuk bagian ini terdapat beberapa versi pada masing – masing jenis kompas. Namun jika mengikuti standar internasional, pembagian derajat pada kompas menyerupai sudut derajat pada lingkaran, yaitu 360 derajat.

Pada kompas yang digunakan untuk kegiatan militer memiliki skala 6.000′ : 6.300′.

4. Rumah Kompas

Merupakan rangka paling luar dalam sebuah kompas yang menjadi tempat untuk bagian – bagian kompas lainnya.

Umumnya rumah kompas telah dilengkapi dengan cairan bening yang berfungsi untuk mencegah karat pada kompas.

Cairan ini juga melindungi kompas pada saat suhu di sekitar kompas mencapai suhu antara -4 – 50 derajat Celcius. Cairan ini juga membantu kerja jarum kompas. (nn)

Tags: , , , , ,

Category: Peralatan