Makanan Bayi Umur 7 Bulan

| January 12, 2012 | Comments

Makanan Bayi Umur 7 Bulan – Pada usia 6 bulan bayi biasanya sudah mulai dikenalkan pada makanan padat pertamanya. Pada tahan ini biasanya makanan yang diberikan biasanya masih berupa makanan encer.

Ketika bayi dapat melewati tahap ini dengan baik, maka pada usia 7 bulan atau 2 minggu setelah pemberian makanan pertamanya. Ibu bisa memberikan makanan lunak berupa nasi tim dengan intensitas pemberian 1 x sehari.

Bila ingin memvariasikan makanan bayi umur 7 bulan, sebaiknya masih berupa makanan yang berasal dari sayuran atau buah – buahan.

Makanan Bayi Umur 7 Bulan

Dan sebaiknya ketika akan membuat variasi pada makanan bayi umur 7 bulan, ada jeda waktu sekurang – kurangnya 4 hari sebelum memperkenalkan jenis makanan baru pada bayi.

Selain terdiri dari buah – buahan, makanan bayi umur 7 bulan juga bisa berupa biskuit yang bisa dipegang oleh bayi. Karena pada umur 7 bulan bayi biasanya sudah mulai belajar memegang dan memasukan makanan ke dalam mulutnya sendiri.

Makanan bayi umur 7 bulan sebaiknya juga mengikuti bentuk piramida, yaitu semakin ke atas maka jumlahnya pun semakin sedikit.

Menu makanan bayi umur 7 bulan jika mengikuti bentuk piramida, maka urutannya dari bawah hingga ke atas yaitu,

  • karbohidrat yang bisa diperoleah dari roti, jagung, nasi, cereal dan sejenisnya. Makanan jenis ini sebaiknya dikomsumsi sebanyak 1-3x sehari @ 1 mangkuk kecil
  • ¬†zat pengatur, teriri dari sayuran dengan itensitas pemebrian 1- 2 x sehari sebanyak¬† 25 – 50 gr dan buah – buahan sebanyak 1 – 2x sehari masing – masing 25 – 75 gr
  • sumber protein yang bisa diperoleh dari ASI dan makanan yang mengandung protein seperti telur, dadging ayam, tempe, tahu dan ikan
  • sumber lemak bisa diperoleh dari minyak yang bisa diberikan sebanyak 1/2 sdt

Makanan yang bisa menimbulkan alergi pada kita sebaiknya jangan diberikan kepada bayi. Karena makanan itu juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada bayi. (nn)

Category: Ibu & Anak