Masalah Pada Silinder Hidrolik

| December 7, 2012

Kerusakan Dan Cara Mengatasinya

Masalah yang sering terjadi pada silinder hidrolik adalah kebocoran pada oli eksternal.

Kebocoran ini sangat merugikan, karena minyak hidraulik menjadi terbuang sia – sia dan bisa membuat kubangan minyak pada lantai yang licin dan mudah memicu timbulnya kebakaran.

Dan jika silinder sudah kehilangan tenaga untuk mendorong ataupun menarik beban pada mesin, maka kemungkinan seal piston mengalami kerusakan semakin besar.

Namun jika kerusakan seal terjadi berulang – ulang dalam rentan waktu yang tidak berselang lama, maka perlu diperhatikan penyebab dari kerusakan silinder hidrolik.

 

Masalah Pada Silinder Hidrolik

 

Penyebab Kerusakan

1. Tabung silinder

Kerusakan ini berupa lubang – lubang kecil atau lecet pada sisi dalam tabung.

Jika kerusakan diakibatkan oleh usia silinder, maka kemampuan kerja sil akan berkurang. Sehingga goresan atau lubang yang terjadi harus digerinda atau diampelas, selama cacat itu tidak lebih dari 0, 12 mm.

Kerusakan lain yang terjadi pada tabung disebabkan oleh keausan yang menyebabkan diameter dalam tabung mengalami pelebaran, sehingga sil harus diganti dengan tidak mengikuti standar lagi.

Masalah pada tabung juga bisa disebabkan oleh tabung yang mengaami penggembungan.

Dan penggantian tabung menjadi alternatif utama jika kerusakan  yang disebutkan sering terjadi.

 

2. Batang silinder

Kerusakan yang terjadi pada batang umumnya berupak kebengkokan yang perlu diperhatikan secara khusus menggunakan alat tambahan.

Kebengkokan pada batang silinder akan menyebabkan bus/bush pada tutup silinder mengalami aus atau kebocoran pada sil batang.

 

3. Tutup silinder

Tutup perlu diganti bila terlihat goresan atau garis yang menyebabkan diameter silinder tidak lagi membulat dan sudah longgar. (nn)

Tags: , , , , ,

Category: KERJA