Meteorit Terbesar Yang Menghantam Bumi

| August 31, 2012

Meteorit

Pengertian meteorit secara umum adalah benda luar angkasa yang berhasil menembus lapisan atmosfer yang melapisi bumi.

Meteorit berasal dari batu meteor yang berasal dari angkasa yang tertarik oleh gravitasi bumi. Dalam catatan bumi, sudah banyak meteorit yang mendarat di bumi.

 

Meteorit Terbesar Yang Menghantam Bumi

 

Dan beberapa diantaranya berhasil meninggalkan jejak berupa ledakan atau lubang yang besar di permukaan bumi.

Pada zaman kerajaan, batu meteorit menjadi batu favorit pada empu untuk membuat keris. Keris yang dibuat dengan campuran meteroit umumnya akan menjadi keris dengan bobot ringan namun sangat kuat karena menggandung logam langka seperti titanium.

Meteorit Terbesar

Meteorit terbesar yang berhasil mendarat di bumi diperkiraan terjadi pada bulan Febuari 1947 di kawasan pegunungan Sikhole – Alin, 434 km dari arah timur laut Wladiwostok.

Meteorit ini kemudian terpecah menjadi 10.000 keping.

Beberapa pengamat mengungkapkan bahwa meteorit tersebut meninggalkan jejak berupa asap dan debu yang menyelimuti langit seluas 32 km dan berhasil mengantung di udara selama berjam – jam.

Sedangkan suara ledakan yang dihasilkan oleh meteorit tersebut berhasil terdengar hingga jarak 322 km dari pusat ledakan.

Berat meteroit ini diperkirakan antara 70 – 100 ton. Dan ledakan meteorit ini berhasil menciptakan kawah dengan diameter 26 meter dengan kedalaman 6.1 meter.

Pecahan terbesar yang berhasil ditemukan dari meteorit ini memiliki bobot 1,9 ton. (nn)

Tags: , , , ,

Category: Umum