Ngarai Terdalam dan Terbesar Di Dunia

| August 28, 2012

Ngarai

Atau dikenal juga dengan nama canyon dalam bahasa Inggris, adalah sebuah lembah yang dalam dan luas yang diapit oleh dua tebing yang curam.

Umumnya ngarai terbentuk pada lembah sungai yang terjadi akibat erosi air sungai dengan dinding yang terjal dan mudah longsor.

Ngarai yang paling terkenal dan merupakan ngarai terbesar di dunia adalah Grand Canyon yang berada di Arizona, berikut adalah keterangan singkat tentang Grand Canyon.

 

Ngarai Terdalam dan Terbesar Di Dunia

 

Grand Canyon

Ngarai ini terbentuk akibat erosi yang terjadi di sungai Colorado selama jutaan tahun dengan potongan menyerupai sebuah selat pada awal pembentukannya.

Panjang dari ngarai ini kira – kira mencapai 446 km dengan lebar yang bervariasi, mulai dari 6 km hingga 29 km. Kedalaman yang dimiliki oleh ngarai ini mencapai 1. 600 meter.

Grand Canyon pertama kali ditemukan pada tahun 1540 oleh pria berkebangsaan Spanyol bernama Garcia Lopes de Cardenas.

Ngarai Terdalam Di Dunia

Ngarai terdalam di dunia terletak di Sungai Colca yang melintasi Pegunungan Andes yang terletak di Peru.

Ngarai Colca memiliki kedalaman 2 kali lipat dari kedalaman yang dimiliki Grand Canyon, yaitu 3.200 meter.

Letak Ngarai Colca memanjang melintasi Pegunungan Andes mengalir menuju Samudera Pasifik, dengan jurang berbentuk V yang hanya bisa dilintasi oleh kapal.

Para petualang pecinta arung jeram harus melewati arum jeram yang bergeolak dan menerjuni riam – riam yang terletak di ngarai tersebut.

Riam yang paling terjal yang terdapat di Ngarai Colca memiliki kedalaman hingga 914 meter dengan panjang 80 km.

Petualangan pertama yang dilakukan di Ngarai Colca tercatat pada tahun 1981, dan hingga sekarang tak banyak orang yang mengetahui letak Ngarai Colca yang terpencil. (nn)

Tags: , , , , , ,

Category: JALAN-JALAN, Umum