Pagelaran Wayang Kulit

| February 6, 2012 | Comments

Pagelaran Wayang Kulit – Salah satu kebudayaan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO adalah pagelaran wayang kulit. Kata wayang diambil dari kata Ma Hyang yang artinya menuju kepada yang Maha Esa.

Pagelaran wayang kulit biasanya diketuai atau dimainkan olehs seorang dalang dalam bahasa Jawa. Kata dalang sebenarnya adalah akronim atau singkatang dari kata ngudhal piwulang.

Ngudal berarti menyebarkan atau membagikan serta piwulang artinya adalah ajaran, pendidikan atau ilmu. Atau bila digabungkan menjadi membagikan ilmu.

pagelaran wayang kulit

Hal ini sesuai dengan fungsi pagelaran wayang kulit yang tidak hanya berfungsi sebagai tontonan atau hiburan tapi juag tuntunan yang sarat akan nilai – nilai sosial.

Faktor inilah yang kemudian menuntut seorang dalang untuk tidak hanya bisa membawakan pagelaran wayang kulit tetapi juga mampu memberikan pengajaran bagi yang menontonnya.

Pagelaran wayang dijadikan sebagai media pendidikan juga karena dalam pagelaran wayang kulit terdapat beberapa unsur seni sperti seni rupa, seni sastra serta seni gerak dan suara.

Dalam pagelaran wayang kulit bisanya dalang mengambil tema dari cerita Ramayana dan Mahabharata. Tapi tak jarang pula dalang mengangkat tema dari cerita modifikasi seperti cerita Panji.

Selain dalang, dalam pagelaran wayang kulit juga diperlukan pemain gamelan dan sinden untuk mengiringi pagelaran wayang kulit.

Sedangkan untuk mementaskan wayang kulit biasanya digunakan layar lebar yang terbuat dari kain putih atau kelir dan lampu minyak untuk menimbulkan efek pada pagelaran wayang kulit.

Karena itulah untuk bisa memahami cerita yang sedang dipentaskan, penonton pagelaran wayang kulit setidaknya memiliki sedikit pengetahuan akan tokoh – tokoh yang tampil di layar.

Untuk membuat wayang kulit tidak bisa menggunakan sembarang kulit hewan. Kulit yang paling bagus untuk dijadikan wayang kulit adalah kulit kerbau yang sudah diproses.

Sedangkan untuk tangkai yang digunakan untuk menyambungkan bagian – bagian wayang kulit biasanya terbuat dari tanduk sapi atau kerbau.

Walaupun wayang kulit identik denan budaya Jawa, namun sebenarnya wayang kulit juga bisa kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia.

Misalnya di daerah Bali, Banjar (Kalimantan Selatan), Palembang, Cirebon, Betawi dan Madura. Walaupun wayang Madura sekarang bisa dibilang sudah punah.

Berikut adalah salah satu contoh video pagelaran wayang kulit.(nn)

Category: INDONESIA, KERAJINAN, VIDEO