Pakaian Adat Papua

| December 7, 2011 | Comments

Pakaian Adat Papua – Selain memiliki keberagaman budaya, Indonesia juga memiliki beragam pakain adat. Kalau biasanya pakaian memiliki perbedaan yang mencolok antara pakaian wanita dan pria. Tidak halnya dengan pakaian adat papua.

Dilihat secara sepintas bentuk pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama. Model baju dan penutup vadan bagian bawah untuk pria dan wanita hampir sama.

Ditambah mereka memakai hiasan yang sama. Yang membedakan adalah sang pria memegang tombak/panah dan perisai

Tapi sebagaian pria masih memakai koteka. Pakaian adat Papua yang satu ini hanya menutup kemaluan. Biasanya yang masih memakai kota dalah suku – suku yang berdiam di pegunungan.

Selain disebut koteka, ada juga yang menyebut pakaian adat Papua ini dengan sebutan Horim atau Holim. Koteka mempunyai ukuran dan bentuk yang berbeda sesuai dengan kegunaanya.

 

pakaian adat papua

 

Biasanya koteka yang panjang dipakai untuk menghadiri upacara adat, sedangkan koteka yang pendek digunakan untuk bekerja di ladang atau hutan.

Yang menarik adalah ternyata pakaian adat Papua yang satu ini dibuat dari buah labu. Caranya adalah dengan mengeluarkan daging dan bijinya terlebih dahulu kemudian dikeringkan.

Walaupun sekrang banyak yang telah mengunakan pakaian adat Papua berbahan kain tapi kebiasan mewariskan koteka masih dilakukan. Biasanya para kepala suku Papua akan mewariskan koteka kepada anak cucu mereka.

Untuk saat ini koteka lebih mudah dijumpai di toko – toko souvenir di pasar Hamadi. Dan menjadi souvenir paling menarik dari Papua. (nn)

Tags: , , ,

Category: BUSANA, INDONESIA