Pemanasan Pada Permainan Sepak Bola

| September 25, 2012

Permainan Sepak Bola

Berikut adalah beberapa macam pemanasan yang bisa dilakukan sebelum melakukan permainan sepak bola :

 

Pemanasan Pada Permainan Sepak Bola

 

1. Dansa Kaki

Latihan ini bertujuan untuk melatih kemampuan pemain dalam memberikan umpan.

Cara melakukan :

Lakukan dilatihan dengan cara membagi pemain menjadi pasangan yang terdiri dari dua orang pemain. Masing – masing saling mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam atau luar sambil bergerak di sekitar lapangan.

Jarak antar pemain sekitar 2 – 3 meter, setiap melakukan tendangan umpan hanya boleh menggunakan satu atau dua sentuhan.

Pemberian umpan dilakukan dengan terus menggerakan badan, pemain dilarang diam tanpa bergerak setelah menendang bola.

2. Latihan Juggling

Latihan ini ditujukan untuk menghangkatkan suhu pada otot sebelum masuk dalam latihan inti dan untuk meningkatkan kemampuan pemain dalam melakukan kontrol bola.

Cara melakukan :

Masing – masing tim terdiri dari 3 orang pemain, di mana masing – masing pemain harus mempertahankan bola sebelum mengoper bola dengan menggunakan kaki, kepala dan badan, kecuali bagian tangan.

Pada setiap kesempatan pemain hanya boleh paling banyak melakukan tiga kali sentuhan sebelum mengoper bola tersebut.

3. Numteg

Latihan ini ditujukan untuk :

  • menghangkatkan suhu badan
  • memperbaiki dan meningkatkan kemampuan dalam menggiring bola khususnya pada area yang sempit

Cara melakukan :

Pemain dibagi dalam dua tim inti. Di mana salah satu pemain berfungsi sebagai rintangan bagi tim yang lain. Tim ini diharuskan berdiri dengan melebarkan kakinya.

Latihan ini dimulai dengan cara, tim pertama menggiring bola melewati pemain rintangan dengan cara melewatkan bola melalui selangkangan tim rintangan.

Setiap pemain diberikan waktu selama lima menit untuk melawati seluruh pemain lawan dan dilarang melewati pemain yang sama sebanyak dua kali.

Latihan lain yang bisa dilakukan sebelum melakuan permainan inti antara lain adalah menggiring bola pada area berbentuk lingkaran dan lomba menggiring bola secara bolak – balik. (nn)

Tags: , , ,

Category: SEPAK BOLA