Pengertian Stalking

| March 30, 2013

Stalking

stalking

 

Kata stalking erat kaitannya dengan suatu perhatian yang umumnya tidak diharapkan oleh obyek atau orang/kelompok yang diperhatikan karena sifatnya yang berlebihan.

Sedangkan pada bidang psikologi sendiri, kata stalking memiliki makna suatu bentuk perilaku yang cenderung bersifat suatu gangguan yang diterima oleh seseorang atau suatu kelompok.

Pada bidang hukum, stalking termasuk dalam suatu bentuk kejahatan.

Suatu perilaku dikatakan sebagai stalking jika obyek perhatian (korban) melaporkan minimal dua bentuk perilaku yang bersifat menggangu dalam rentan waktu 2 minggu, dan hal itu memberikan rasa takut untuk korbannya.

 

Ungkapan stalking pertama kali digunakan pada majalah Amerika untuk menggambarkan bentuk perhatian yang berlebihan pada orang – orang yang terkenal, seperti selebiritis, yang didasari oleh suatu bentuk obsesi tersendiri kepada korbannya.

Pelaku atau stalker akan mengikuti dan mengamati semua kegiatan yang dilakukan oleh korbannya demi mendapatkan kedekatan fisik dengan korbannya.

Dan tak jarang mereka akan mengikuti korbannya hingga ke tempat mereka beraktivitas hingga tempat tinggal si korban.

Stalker sangat tertarik dengan informasi – informasi yang bersifat pribadi untuk si korban, misalnya nomor telepon hingga ukuran pakaian dan segala hal yang bersifat privasi. (nn)

 

Tags: , , , , ,

Category: PSIKOLOGI