Pulau Lengkuas

| December 23, 2011 | Comments

Pulau Lengkuas mungkin banyak yang tidak tahu tentang pulau ini. Bahkan mendengar namanya saja banyak yang tidak percaya bahwa ada pulau dengan nama bumbu dapur seperti lengkuas.

Padahal Juli lalu Pulau yang terletak di Bangka Belitung telah digunakan untuk keperluan syuting Harry Potter.

Seperti kebanyakan pulau di Indonesia Pulau Lengkuas juga mempunyai pemandangan lautnya yang masih jernih dan indah.

Pulau Lengkuas

Bedanya adalah kalau kebanyakan pulau di Indonesia terkenal dengan kombinasi pasir putih dan pepohonan sepanjang pantai.

Pulau Lengkuas memiliki pemandangan pulau berbatu granit dengan struktur yang unik dan berbeda dengan tempat lainnya. Selain itu pulau ini juga memiliki pantai pasir putih.

Dengan laut air yang masih jernih para wisatawan bahkan bisa melihat ke dasar laut dan melihat beragam jenis ikan hias yang hidup di perairan Pulau Lengkuas.

Dan yang menjadi maskot dari Pulau Lengkuas adalah mercusuar tua yang merupakan peninggalan Belanda dan telah berdiri di Pulau Lengkuas sejak tahun 1882.

Mercusuar ini memiliki tinggi hingga 80 meter denganĀ  jumlah lantai mencapai 19 lantai. Jika ingin naik ke puncak mercusuar pengunjung harus menaiki 300 anak tangga terlebih dahulu.

Tapi jangan menyerah dulu. Karena ketika sudah sampai di puncak mercusuar pengunjung akan dapat melihat pemandangan indah di sekitar Pulau Lengkuas.

Sungguh perjuangan yang tidak akan sia – sia. Jika ingin mencoba snorkeling di laut Pulau Lengkuas pergilah ke sana pada bulan Maret – November.

Karena pada bulan ini ombak laut biasanya lebih tenang dibanding pada bulan lainnya. Perjalanan ke Pulau Lengkuas dapat dijangkau dengan menggunakan perahu mesin dari Pantai Tanjung Kalayang.

Tapi jangan berharap untuk menemukan hotel di Pulau Lengkuas. Karena penduduk Pulau Lengkuas hanya berjumlah 3 orang yang merupakan penjaga mercusuar.

Dan bijaksanalah dalam memakai air bersih di pulau ini. Karena persediaan air di sini sangat terbatas.(nn)

Tags: , , , ,

Category: JALAN-JALAN