Teknik Pernapasan Dalam Bernyanyi

| September 24, 2012

Pernapasan

Salah satu teknik yang harus dikuasai oleh calon atau penyanyi profesional adalah teknik pernapasan, karena pernapasan yang baik merupakan teknik dasar dalam dunia olah vokal.

Teknik pernapasan sangat dibutuhkan untuk :

  • mengontrol pitch control dalam bernyanyi
  • mencapai nada – nada tinggi

 

Teknik Pernapasan Dalam Bernyanyi

 

Macam – Macam Teknik Pernapasan

Macam – macam pernapasan yang bisa kita lakukanĀ  diantaranya adalah :

1. Pernapasan Dada

Cara melakukan pernapasan ini adalah dengan menggunakan daya tampung dada untuk menyimpan oksigen dengan cara mengembang dan mengempiskan paru – paru.

Minimnya udara yang tertampung dalam pernapasan ini membuat pernapasan ini kurang cocok jika diterapkan dalam bernyanyi, khususnya untuk mencapai nada yang tinggi atau panjang.

2. Pernapasan Perut

Cara melalukan pernapasan ini adalah dengan memanfaatkan perut sebagai media tampung untuk menyimpan udara.

Kelemahan dalam pernapasan ini adalah tidak terkontrolnya udara yang dikeluarkan sehingga pernapasan ini masih kurang cocok untuk digunakan dalam kegiatan olah vokal.

3. Pernapasan Diafragma

Merupakan teknik pernapasan yang paling baik diantara teknik pernapasan lainnya. Dalam melakukan teknik ini, kita akan menggunakan dua rngga utama dalam menyimpan udara, yaitu :

  • rongga dada
  • rongga perut

yang keduanya diatur oleh rongga diafragma yang menjadi sekat antara rongga dada dan rongga perut.

Kelebihan dari teknik pernapasan ini adalah maksimalnya udara yang dapat ditampung dan terkontrolnya udara yang dikeluarkan pada saat bernyanyi.

Penguasaan teknik pernapasan diafragma bagi seorang penyanyi adalah suatu keharusan untuk mencapai nada – nada tinggi dan panjang. (nn)

Tags: , , , , , , ,

Category: Musik Indonesia

Comments are closed.