Terapi Ion Elektrik : Bermanfaat Atau Berbahaya?

| February 20, 2012 | 0 Comments

Apa Itu Terapi Ion Elektrik

Terapi ion elektrik adalah salah satu terapi alternatif yang menggunakan media listrik. Biasanya listrik akan dialirkan melalui kaki yang direndam dalam air bermuatan listrik.

Terapi ion elektrik semacam ini biasanya mudah kita jumpai dengan di area mal – mal atau supermarket.Waktu yang dibutuhkan untuk satu kali terapi biasanya sekitar 30 menit.

Setelah terapi biasanya air dalam bak yang tadinya berwarna jernih akan berubah menjadi keruh dengan warna merah kekuning – kuningan.

Zat yang merubah warna air inilah yang diklaim sebagai racun – racun yang keluar dari dalam tubuh peserta terapi.

Sehingga banyak yang mempercayai kalau terapi ini bisa melancarkan peredaran darah, melenturkan urat syaraf, membakar lemak dan berbagai macam manfaat lainnya.

kebohongan terapi ion elektrik

Benarkah Terapi Ion Elektrik Melakukan Detoksifikasi

Walaupun para terapis atau petugas yang melakukan terapi ion elektrik mengatakan bahwa terapi yang satu ini mampu mengeluarkan racun yang berada dalam tubuh.

Namun beberapa laboratorium dan penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas terkemuka di Indonesia masih meragukan kebenaran dari manfaat terapi ion terapi ini.

Bahkan ada yang mengatakan bahwa terapi yang dipercaya bisa melakukan proses detoksifikasi pada tubuh ini adalah praktek kebohongan publik semata.

Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa pakar kesehatan yang menyatakan bahwa pada air yamg digunakan dalam terapi tersebut tidak mengandung zat yang diklaim sebagai racun dalam tubuh.

Bahkan beberapa pakar menyimpulkan bahwa terapi ini tidak membawa manfaat apapun bagi tubuh, tapi justru bisa mengakibatkan resiko yang sangat berbahaya.

Karena dalam terapi ini, biasanya alat akan melepaskan gas klorin yang mengandung racun dan hidrogen yang sangat mudah untuk terbakar.

Penggunaan alat ini dalam ruangan tertutup bisa membuat gas – gas berbahaya yang dihasilkan oleh alat ini akan terkumpul dan menimbulkan bahaya bagi tubuh. (nn)

Tags: , , , , , , , ,

Category: NON MEDIS

Leave a Reply