Ukuran Lapangan Bola Basket

| December 20, 2011 | Comments

Ukuran lapangan bola basket secara garis besar bisa dibagi menjadi 2, yaitu ukuran resmi yang ditetapkan untuk permainan 5 vs 5 dan lapangan untuk 3 on 3.

Ukuran lapangan bola basket yang ditetapkan oleh NBA memiliki panjang  94 feet (28,65 m) dan lebar 50 feet(15,24).

Sedangkan untuk ukuran lapangan bola basket 3 on 3 tidak diatur secara resmi. Karena permainan basket 3 on 3 termasuk permainan streetball.

Ukuran Lapangan Bola Basket

Tapi kebanyakan orang menggunakan setengah dari ukuran lapangan bola basket yang resmi untuk permainan 3 on 3.

Selain ukuran resmi dari NBA ada juga versi lain ukuran lapangan bola basket. Yaitu ukuran lapangan bola basket yang ditetapkan oleh FIBA.

Ukuran yang ditetapkan oleh FIBA memang tidak berbeda jauh dengan ukuran yang ditetapkan oleh NBA yaitu 28 x 15 m atau 92 x 49 feet.

Lapangan bola basket memiliki diameter tengah lapangan 12 ft (3,66 m) dan area terlaarang dari wilayah keranjang sejauh 4 ft.

Meskipun ukuran lapangan bola basket telah ditentukan secara resmi. Namun, tak jarang juga ada lapangan bola basket yang tidak sesuai dengan ukuran yang ditentukan.

Hal ini dikarenakan bola basket tidak hanya sekedar olahraga tapi juga hiburan. Terutam bagi pekerja kantoran yang tidak memiliki waktu banyak untuk melakukan olahraga.

Asalkan ada lapangan dan ring basket permainan bola basket sudah bisa dimainkan. Tidak peduli ukuran lapangannya sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan.

Bahkan tanpang ring basket pun masih bisa dimainkan streetball yang hanya membutuhkan kemampuan untuk memainkan bola basket.(nn)

Tags: , , , , ,

Category: BASKET